Menggunakan jaring pengaman lapangan volley tentu saja memiliki tujuan yang jelas. Salah satu tujuannya adalah untuk melakukan pengamanan terhadap bola-bola yang dimainkan oleh para pemain agar tidak mengenai penonton maupun orang-orang yang melewatinya. Sebuah jaring yang diletakkan pada sebuah lapangan volley tentu saja memiliki tujuan untuk menjamin keselamatan para penonton dan orang-orang yang melaluinya. Menjaga area permainan tetap steril tentu saja menjadi salah satu tujuan utama dari penggunaan jaring ini pada lapangan volley. Tentu saja dengan mengedepankan aspek keselamatan dari para pemain serta para penonton harapannya adalah untuk menjaga agar para penonton terjaga agar tidak terbentur oleh bola yang sedang dimainkan oleh para pemain.

Sebuah jaring pengaman lapangan volley memiliki fungsi yang cukup penting. Sehingga tidak adda salahnya jika para pemilik lapangan volley menggunakannya untuk menjamin keselamatan dari para penonton yang sedang menonton pertandingan volley. Bola-bola yang dilemparkan oleh pemain merupakan bola yang cukup keras dan cukup kuat. Sehingga antara area permainan dengan area penonton harus diberi batas yang jelas supaya tidak menimbulkan resiko kecelakaan baik dari sisi pemain maupun penonton. Pemasangan jaring pengaman pada lapangan volley tentu saja harus dipasang pada lokasi yang benar dan kuat sehingga meminimalisir segala resiko yang mungkin terjadi baik yang karena faktor kecelakaan maupun ketidaksengajaan.

Pengamanan area lapangan volley dengan menggunakan jaring pengaman lapangan volley tentu menjadi sebuah langkah yang cukup baik dari pihak pengelola lapangan voley untuk menjaga keamanan serta keselamatan di area permainan volley. Sebagai sebuah arena permainan, tentu saja keselamatan dari para pemain dan pengunjung yang berdatangan menjadi prioritas yang harus dipikirkan ketika membangun sebuah lapangan pertandingan bola volley. Sebuah jaring yang digunakan untuk proses pengamanan tersebut memang menjadi yang paling utama bagi para pemain maupun para penonton. Oleh karenanya proses pemasangan dari jaring keamanan menjadi salah satu kunci utama bagi para pengelola untuk menjaminĀ  bahwa kemungkinan kecelakaan dapat diminimalisir dengan baik.