Jalan jalan ke Bangkok – Bangkok dimata turis Indonesia mulai popular sesudah mulai bosan ke Singapore serta Kuala Lumpur. Terutama penerbangan langsung oleh AirAsia dari Jakarta-Bangkok cuma sekitar 3 jam 25 menit, dalam sehari ada 3 flight. Juga dari Surabaya ada penerbangan non-stop 4 jam dari Surabaya ke Bandara Don Mueang di Bangkok. Biaya hidup di Bangkok relatif murah, jadi pas untuk yang menginginkan jalan-jalan irit di Bangkok. Sepiring nasi sekitar 60-80 baht, air mineral 7 baht di 7-Eleven, serta naik BTS minimum 25 baht. Swarnabhumi Airport yaitu pintu gerbang masuk mancanegara ke Bangkok. Airport ini termasuk baru serta besar, tetapi efektif, melayani maskapai paling utama. Papan penunjuk arah tertulis jelas dalam bahasa Thailand serta English. Petugas imigrasi kurang berkesan professional serta agak lambat tetapi tak ada masalah.

Ide jalan-jalan ke Bangkok untuk menuju pusat kota, ada shuttle bus yang tiketnya bisa anda beli setibanya di Arrival Hall. Ada 4 jalur bus, yang popular untuk turis yaitu menuju Sukhumvit serta Khao San Road, jadi pastikan Anda mengetahui tempat hotel sebelum beli tiket bus. Mulai awal 2010, ada airport train menuju kota. Sayangnya saya belum juga pernah mencobanya sehingga tidak bisa memberi banyak info tentang harga serta tiket. Airport rail link ini berhenti di sebagian stasiun seperti Makasan (interchange dengan MRT) serta Phaya Thai (interchange dengan BTS). Untuk masalah hotel, rate nya lebih kurang sama dengan Jakarta. Hotel terdapat begitu banyak di Bangkok. Hotel berbintang yang strategis yaitu yang ada di daerah Silom, Sukhumvit, serta Siam. Hotel chain international seperti Accor, Intercontinental Group, dkk ada tetapi jumlahnya kalah jauh dibanding hotel lokal. Pada umumnya hotel murah tersedia banyak di Bangkok, seandainya kita keluar sedikit dari daerah turis seperti Siam.

Bangkok juga tidak lepas dari kemacetan, tetapi tidak terlalu stress di banding Jakarta karena pengendara mobil yang lebih teratur serta jumlah pengendara motor yang sedikit. Trotoar Bangkok rata-rata nyaman untuk pejalan kaki. Lebar trotoar 2m sampai 4m di jalan-jalan utama. Saya rasa membawa stroller juga tidak mengalami kesusahan. Buat persiapan waktu anda dengan matang, waktu yang cukup untuk menghadapi kemacetan. Memakai kereta layang BTS sudah pasti pilihan yang paling efektif untuk turis. Bangkok mempunyai sebagian pilihan moda transportasi mulai dari taxi, bus kota, tuk-tuk, boat melewati sungai, sampai kereta massal yang dimaksud BTS SkyTrain serta MRT.